Lompat ke konten

PERPUSTAKAAN SD AL MUSLIM JAWA TIMUR DENGAN SISTEM DIGITAL

SISTEM DIGITAL PERPUSTAKAAN SD AL MUSLIM

Keberadaan perpustakaan sekolah sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Perpustakaan merupakan sistem informasi yang di dalamnya terdapat aktivitas pengumpulan, pengolahan, pengawetan, pelestarian, dan penyajian serta penyebaran informasi. Perpustakaan sebagaimana yang ada berkembang sekarang telah dipergunakan sebagai salah satu pusat informasi, sumber ilmu pengetahuan, penelitian, rekreasi, pelestarian khasanah budaya bangsa, serta memberikan berbagai layanan jasa lainnya. Perpustakaan diharapkan sebagai pusat kegiatan pengembangan minat baca dan kebiasaan membaca. Salah satu upaya pengembangan minat dan kegemaran membaca adalah dengan adanya distribusi buku. Perpustakaan sendiri bertujuan memberi bantuan bahan pustaka atau buku yang diperlukan oleh para pemakai. Buku  merupakan  salah  satu  syarat  mutlak  yang diperlukan   untuk   pengembangan   program   pengembangan   minat   dan   mkegemaran membaca,  khususnya  bagi  anak-anak  kecil  yang  tentunya  belum  begitu  banyak mengenal  teknologi  informasi.  Artinya,  bahwa fungsi  buku  memberikan  tempat tersendiri  bagi  perkembangan  anak.  Hal  inilah  yang  kemudian  berimplikasi  pada semakin maraknya industri perbukuan/penerbit di  Indonesia secara khusus dan dunia perbukuan secara global.

Pada  era  informasi  abad  ini,  teknologi informasi  dan  komunikasi  atau ICT (Information  and  Communication  Technology)  telah  menjadi  bagian  yang  tidak terpisahkan   dari   kehidupan   global.   Oleh   karena   itu,   setiap   institusi,   termasuk  perpustakaan berlomba    untuk    mengintegrasikan    ICT    guna    membangun    dan memberdayakan  sumberdaya  manusia  berbasis  pengetahuan  agar  dapat  bersaing  dalam  era  global. Perkembangan  ICT  ini  akhirnya  melahirkan  sebuah perpustakaan berbasis   komputer. Ada   automasi   perpustakaan,   ada   pula   perpustakaan   digital. Seringkali  orang  menyamakan  automasi  perpustakaan  dengan  perpustakaan  digital. Namun, keduanya adalah hal yang berbeda. Banyak perpustakaan yang mengidamkan penerapan   perpustakaan   digital   dalam pengelolaannya.   Namun   demikian   tidak semudah  yang  dibayangkan.

Perpustakaan  digital  secara  ekonomis  lebih  menguntungkan  dibandingkan dengan perpustakaan    tradisional.    Chapman    dan    Kenney    (Dalam    sismanto    2008), mengemukakan  empat  alasan  yaitu:  institusi  dapat  berbagi  koleksi  digital,  koleksi digital dapat   mengurangi   kebutuhan   terhadap   bahan   cetak   pada   tingkat   lokal, penggunaannya akan meningkatkan akses elektronik, dan nilai jangka panjang koleksi digital akan mengurangi biaya berkaitan dengan pemeliharaan dan penyampaiannya.

Dengan     demikian,     adanya     perpustakaan     digital     diharapkan     dapat mempermudah   pencarian   informasi   di   dalam   koleksi   obyek   informasi   seperti dokumen, gambar dan database dalam format digital dengan cepat, tepat, dan akurat.Perpustakaan    digital    juga    dapat    dijadikan    sebagai    salah    satu    alternative pengembangan sumber belajar disekolah untuk menghadapi kemajuan perkembangan teknologi terutama  teknologi informasi dan komunikasi. Dalam makalah ini, pustakawan akan menjelaskan perpustakaan digital yang dimiliki oleh Perpustakaan SD Al Muslim Jawa Timur.

SIP (Sistem Informasi dan Perpustakaan)

SIP (Sistem Informasi dan Perpustakaan) ini adalah aplikasi perpustakaan yang dimiliki oleh Perpustakaan SD Al Muslim Jawa Timur untuk memudahkan dalam hal input data koleksi hingga sirkulasi. Sirkulasi pada Perpustakaan SD Al Muslim Jawa Timur sudah menggunakan sistem sehingga memudahkan untuk track pemustaka yang meminjam ataupun terlambat dalam mengembalikan koleksi perpustakaan.

WEBSITE

Selain aplikasi (SIP), perpustakaan SD Al Muslim Jawa Timur juga memiliki website, melalui website ini pemustaka dapat melihat koleksi yang dimiliki perpustakaan. Dan website ini digunakan saat peminjaman drive thru selama pandemi. Pemustaka dapat memilih buku, dan mengisi formulir yang tersedia pada google form, dengan judul dan no klasifikasi juga no barcode yang ada. Lalu pustakawan akan bantu proses dan membuatkan jadwal pengambilan buku.

Untuk membuka website perpustakaan silahkan ke almuslim.or.id lalu cari PERPUSTAKAAN didalam website tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *