Lompat ke konten

SD ALMUSLIM-PERINGATAN HARI CINTA PUSPA DAN SATWA NASIONAL

SD Al Muslim Gelar Pameran Puspa dan Satwa

Hari Cinta Puspa dan Satwa. Sebuah kegiatan rutin tahunan yang diagendakan untuk diperingati pada 5 November merupakan peringatan yang bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat atas perlindungan dan pelestarian puspa dan satwa nasional.  Selain itu, peringatan HCPSN juga bertujuan menumbuhkan karakter positif dan mengingatkan pentingnya puspa dan satwa dalam kehidupan masyarakat.

Sejalan dengan tujuan dilakukannya peringatan hari cinta puspa dan satwa nasional, SD Al Muslim yang berlokasi di Jl.Raya Wadungasri 39F Waru, Sidoarjo menghelat kompetisi dan pameran puspa dan satwa nasional di hall indoor, Rabu, 17 November 2021 mulai pukul 08.00-11.00 WIB.

Pameran Aksi dalam Bingkai Lensa” demikian tema yang diusung dalam peringatan HCPSN 2021 SD Al Muslim. Dalam kegiatan ini terdapat agenda kegiatan yang perlu dilakukan segenap siswa mulai Sabtu, 13 –Kamis, 18 November 2021 meliputi agenda Sabtu-Minggu, 13-14 November 2021 melakukan aksi peduli puspa dan satwa dengan anggota keluarga dan mengabadikan kegiatan aksi peduli yang dilakukan dalam bentuk foto dan mengumpulkannya kepada masing-masing wali kelas pada hari Senin, 15 November 2021. Foto yang dikumpulkan terdiri dari dua hal, yaitu foto ketika melakukan aksi peduli terhadap puspa atau satwa yang dimiliki siswa, dan foto puspa atau satwa yang telah dipedulikan.

Pemilihan nominasi dan melakukan cetak foto puspa dan satwa yang masuk kategori nominasi di setiap level pada masing-masing kelas 1-6  dilakukan pada Senin-Selasa, 15-16 November 2021. Segenap tim panitia peringatan HCPSN SD Al Muslim yang dimotori oleh Ust. Anggoro bergerak dengan cepat dan kompak. Koordinasi dan komunikasi dilakukan dengan sangat baik sehingga terpilihlah para nominator yang akan dipamerkan.

Masing-masing siswa yang hadir dalam PTM di sekolah memiliki kesempatan melihat hasil jepretan kamera yang dipajang di papan pameran. Siswa memiliki dua kertas yang digunakan untuk memilih dari semua nominator yang ada. Satu kertas digunakan untuk menuliskan nomor foto yang mereka anggap layak menyandang gelar terbaik. Satu kertas digunakan untuk menuliskan angka yang tertera pada foto sesuai level kelas masing-masing, dan satu lagi untuk menuliskan angka foto dari level kelas yang tidak selevel dengannya.

Untuk menarik perhatian siswa, tim panitia pelaksana penyediaan kertas pilihan yang dikomandi oleh Ust. Jujuk menggunting kertas tersebut dalam bentuk love, sebagai wujud cinta puspa dan satwa.

Dengan tetap mengikuti peraturan dan prokes sebagai upaya nyata berperan aktif mencegah penyebaran Covid-19, siswa melakukan kegiatan hari ini dengan penuh semangat dan antusias. Segenap ustad-ustadzah pun turun menjaga dan mentertibkan siswa-siswi nya ketika turun ke hall indoor.

Suasana menjadi semakin hidup ketika Ust. Ngakib yang bertindak sebagai MC dalam pameran melakukan interaksi aktif dengan siswa yang hadir dan menikmati serta memilih puspa dan satwa yang mereka anggap layak menjadi juaranya.

“Aku senang sekali dengan diadakannya pameran ini, karena dengan begitu aku bisa mengetahui lebih banyak puspa dan satwa yang dimiliki dan dipedulikan oleh teman-temanku,” jelas Fabian, siswa kelas V Al Farabi yang turut hadir dan memilih.

Sejalan dengan apa yang disampaikan Fabian, Ust Zahroh selaku Kepala SD Al Muslim menyampaikan “Kami berharap dengan diadakannya peringatan hari cinta puspa dan satwa yang melibatkan siswa secara aktif dalam aksi peduli mereka dan mengapresiasi dalam pameran ini, akan semakin banyak siswa-siswa SD Al Muslim khususnya, dan semua siswa di penjuru Indonesia peduli terhadap puspa dan satwa yang mereka miliki di lingkungan tempat tinggalnya.”

 

Zaimatus Zaifaro, M.Pd.

Guru SD Al Muslim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *