Lompat ke konten

KKG GUGUS 03 GELAR WORKSHOP PENYUSUNAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM ( AKM)

Kelompok Kerja Guru Gugus 03 menggelar kegiatan Workshop Penyusunan Soal -Soal AKM, Waru, 23-24 Agustus 2021. Kegiatan tersebut diikuti oleh guru – guru kelas 5 se-gugus 3, yang terdiri dari 13 sekolah.

Seperti diungkapkan oleh Ketua Gugus 3 Ibu Dra. Mainingsih,M.Pd dalam sambutannya, bahwa kegiatan ini dalam rangka membekali para guru kelas 5 menyongsong pelaksanaan AKM 2021, terkait persiapan AKM ini semangat para guru harus dioptimalkan dengan lebih awal mengenal lebih dalam tentang jenis – jenis soal AKM, dan nantinya akan di latihkan kepada para peserta didik di sekolah masing-masing.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Pengawas Korwil Dikbud Kecamatan Waru, Ibu Sri Widanarti, S.Pd,M.M, dalam sambutan pembukaan acara tersebut, bahwa AKM ini merupakan potret sekolah, yang merupakan imbas dari hasil manegemen pembelajaran yang dilaksanakan oleh sekolah selama ini, yang meliputi kemampuan literasi, numerasi, survey karakter dan survei lingkungan.

Antusias peserta mengikuti kegiatan yang diisi oleh Trainer Kabupaten Sidoarjo Ibu Erna Wijayanti,M.Pd, mengupas tuntas seluruh isi dari program AKM, mulai dari konsep apa saja yang ada di dalam AKM, tujuan, sasaran, dan bentuk – bentuk soal AKM. Dalam memahami soal – soal AKM peserta diajak terlebih dahulu untuk mengenal pemetaan soal baik AKM Literasi maupun Numerasi yang terdiri dari Kategori, Level, Konten, Proses, dan Bentuk soal.

Setelah mengenal pemetaan soal kemudian peserta diminta untuk membuat soal-soal AKM dengan berbagai bentuk soal ( Pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, uraian, menjodohkan) baik soal numerasi maupun literasi. Hasil produk soal kemudian diorganisir oleh panitia menjadi Bank Soal AKM KKG Gugus 03.

Tahapan yang sudah dilakukan oleh KKG Gugus 03, meliputi workshop sosialisasi AKM, penyusunan modul AKM oleh tim guru,  validasi modul, serta uji coba AKM adalah kinerja yang baik dalam melaksanakan program nasional ini. Semoga  kegiatan ini bermanfaat dan  bisa memotivasi sekolah-sekolah untuk sukses AKM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *