Lompat ke konten

Pelatihan Pembuatan Es Krim dari Tanaman Hidroponik di SDN Wadungasri

Pada hari Sabtu, 2 Oktober 2021, sekolah kami mengadakan pelatihan pembuatan es krim dari tanaman hidroponik kepada beberapa guru untuk menambah pengetahuan dan kemampuan dalam pengolahan tanaman hidroponik menjadi sesuatu yang bernilai. Selain menjadi sayuran, tanaman hidroponik juga menjadi makanan olahan yang sedap dan nikmat.

Tanaman hidroponik yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu sawi dan selada. Tahap awal yang harus dilakukan adalah mengukus sawi dan selada terlebih dahulu sampai baunya hilang. Sangat tidak dianjurkan mengolah tanaman hidroponik dalam keadaan mentah karena hasilnya akan keras.

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan”

  1. Sawi 250 gr
  2. Gula pasir 250 gr
  3. Susu kental manis 110 gr
  4. Air 1 liter
  5. Tepung maizena 1 sdm (50 gr)
  6. SP (pengembang) 1 sdt
  7. Pasta (pasta pandan) agar warnanya menarik dan rasanya pun menjadi seperti green tea

Cara pembuatan:

  1. Masukkan gula pasir, susu kental manis, dan air ke dalam satu wadah (stainless steel), lalu dipanaskan kurang lebih 20 menit.
  2. Aduk terus sampai rata. Masukkan maizena saat menjelang mendidih lalu aduk-aduk terus dengan api kecil sampai mendidih.
  3. Hasil adukan dimasukkan ke dalam sebuah wadah (tahan panas dan dingin) sampai suhu normal.
  4. Masukkan ke dalam freezer sampai menjadi setengah beku. Kurang lebih 4-5 jam jika menggunakan freezer khusus. Atau 12 jam jika menggunakan freezer rumah tangga.
  5. Setelah setengah beku, masukkan kembali ke dalam sebuah wadah sekitar 1/4 volume wadah lalu dimixer menggunakan mixer turbo (kecepatan tinggi) sampai terlihat halus dan campurkan dengan SP selama 20-30 menit hingga mengembang.
  6. Potong kecil-kecil sawi yang telah dikukus setengah matang. Lalu blender sampai halus untuk dicampur dengan adonan (di atas tadi).
  7. Campurkan adonan dengan sayur yang telah diblender tadi bersama pasta pandan lalu dimixer lagi selama 5 menit.
  8. Hasil adonan siap dicetak dalam wadah-wadah kecil dan dibekukan di dalam freezer.
  9. Es krim rasa green tea siap disajikan.

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *